Sabtu, 09 Mei 2009

FOSS Ekonometrika GRETL - Regresi Linear Sederhana

Pengantar

Gretl merupakan paket ekonometrika yang bersifat Free/Open Source Software. Paket ini meliputi shared library, pemrograman command line dan graphical user interface (GUI). Software ini sangat User-friendly, fleksibel, cross plafform (tersedia dalam GNU/Linux, Windows, dan Mac S X), open source, sophisticate, ekstensibel, akurat, internet ready dan internasional.

Kecanggihan Gretl antara lain karena software ini menawarkan sejumlah paket seperti regresi linear, baik sederhana maupun berganda, vektor autoregresi dan vektor error correction models, beberapa estimator khusus seperti maximum likelihood estimator (a.l. Probit, ARIMA, GARH) juga tersedia, beberapa metode juga dapat diimplementasikan menggunakan GLM atau GMM nonlinear. Pengguna juga dapat meningkatkan Gretl dengan menulis sendiri fungsi dan prosedur dalam gretl's scripting language.

Untuk mendapatkan software Gretl, anda dapat mengunjungi situs http://gretl.sourceforge.net/index.html dan mendownload software ini sesuai dengan sistem operasi yang anda miliki.

Tulisan ini akan membahas topik Gretl untuk melakukan pengujian regresi linear sederhana. Dimana kita akan menguji pengaruh sebuah variabel bebas (independent variable) terhadap sebuah variabel terikat (dependent variable).


Regresi Linear Sederhana

Pada saat Gretl dibuka, akan muncul tampilan software yang sangat sederhana. Tetapi jangan terkecoh dengan kesederhanaan tampilan, karena software ini memberikan banyak fasilitas ekonometrika yang tidak kalah dengan software berbayar (proprietary).

Gambar 1

Sampai saat ini belum ada data yang kita miliki, namun untuk pembahasan tulisan ini, kita akan menggunakan sampel data yang tersedia yang berasal dari Ramanathan. Ada banyak sampel data yang tersedia dan siap untuk digunakan. Untuk itu klik File kemudian pilih Open data → Sample file. Box data file akan terbuka, kemudian klik tab Ramanathan dan pilih file data3-6 – Disposable income and consumption.

Gambar 2

File data yang telah dibuka tadi akan muncul di jendela Gretl yang terdiri atas dua variabel yaitu Ct (pengeluaran konsumsi pribadi) dan Yt (pendapatan disposabel perkapita). Pada kesempatan ini kita akan menguji pengaruh variabel Yt terhadap Ct atau dengan kata lain kita akan menjawab pertanyaan “apakah pendapatan disposabel berpengaruh signifikan terhadap konsumsi?”.

Gambar 3

Untuk melakukannya adalah mudah saja dan bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu menggunakan icon bergambar beta atau klik Model → Ordinary Least squares. Kotak dialog specify model akan muncul dan siap diisi dengan variabel-variabel dependent dan independent. Caranya adalah dengan melakukan klik pada Choose -> untuk memilih variabel dependent dan klik Add -> untuk menambah variabel independent. Secara otomatis Gretl akan menempatkan const (konstanta) di dalam kolom independent variables. Jika baik variabel independent dan dependent telah terisi, maka lanjutkan dengan klik OK.

Gambar 4

Output Estimasi

Hasil pengujian regresi sederhana tadi akan ditampilkan dalam sebuah jendela baru yang berisi model yang diuji. Model ini akan menerangkan jumlah observasi, koefisien regresi, T-Stat dan P-value (mirip signifikansi dalam SPSS). Juga informasi lainnya seperti means dari variabel bebas, standar deviasi, sum square residual, standard error residual, unadjusted R-square, Adjusted R-square, degree of freedom dll.

Gambar 5

Berdasarkan hasil pada gambar di atas, maka persamaan regresi pengaruh pendapatan disposabel terhadap pengeluaran konsumsi perkapita adalah:

Ct = - 384,105 + 0,933Yt

Yt berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ct pada tingkat signifikansi 0,000, atau dengan kata lain bahwa peningkatan pendapatan disposabel akan bepengaruh nyata terhadap peningkatan pengeluaran konsumsi perkapita.

Pada jendela output tersebut terdapat beberapa menu yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas, diantaranya membuat grafik, bahkan melakukan anaisis lebih lanjut maupun berbagai test. Pemanfaatan menu-menu di dalam jendela output tidak sulit, karena semua otomatis terkait dengan mode yang sedang diuji.

Grafik

Membuat grafik dalam Gretl sangat mudah. Pada contoh pembahasan, grafik masih terkait dengan model regresi linear sederhana yang sedang diuji. Pembuatan grafik ini dilakukan dengan klik perintah Graphs. Contoh berikut adalah pembuatan grafik residual dengan perintah Graphs → Residual plot → against Ct, dan hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Gambar 6

Untuk mendapatkan grafik test statistic for normality dilakukan dengan perintah Tests. Lebih jelasnya adalah Tests → Normality of residual. Hasil analisis menggunakan Tests ini selain menghasilkan grafik normalitas residual juga distribusi residual berupa teks (yang bisa dicopy dalam bentuk RTF atau plain text).

Gambar 7

Demikian pembahasan regresi sederhana menggunakan FOSS Gretl, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar: