Jumat, 02 Januari 2009

Menggunakan Zotero

Zotero sangat mudah untuk digunakan, agar dapat menguasainya hanya diperlukan waktu yang sangat singkat. Tulisan ini akan membahas penggunaan Zotero secara singkat dan dengan bahasa yang sesederhana mungkin.

Komponen Zotero

Untuk memulai Zotero, buka browser Firefox anda, seperti diungkapkan dalam tulisan terdahulu, Zotero dapat berfungsi meskipun anda tidak sedang online (tidak ada akses Internet). Setelah Firefox terbuka, klik icon zotero di kanan bawah browser anda, maka Zotero akan terbuka dan menggunakan setengah bagian dari browser anda seperti pada gambar di bawah ini

Gambar 1. Add-ons Zotero

Secara umum layar kerja Zotero terdiri atas 3 komponen jendela yaitu:
  1. Komponen Collection (Koleksi) di bagian kiri layar, yang berisi koleksi database atau file Library (kepustakaan)
  2. Komponen Data Item di bagian tengah layar yang berisi uraian tentang item dalam kepustakaan, seperti title/judul, pengarang (creator), tahun (year) dll yang bisa ditambah/dikurangi sesuai keinginan (defaultnya judul & pengarang)
  3. Komponen input data di bagian kanan jendela yang terdiri atas beberapa tab yaitu info, notes, attachment, tags. dan related.
Selain komponen jendela pada layar kerja di atas, Zotero juga memiliki icon-icon perintah dasar pada bagian atas jendela Zotero. masing-masing icon tersebut dijelaskan mulai dari bagian paling kiri hingga kanan atas yaitu:
  1. Icon New Collection untuk membuat koleksi baru,
  2. Icon Show/Hide Tag Selector untuk memperlihatkan atau menyembunyikan Tag selector
  3. Icon Actions, didalamnya terdapat perintah-perintah impor/ekspor library, membuat time line, preferences, report error, documentation,& about zotero
  4. Icon New Item, untuk membuat/mengisi data baru seperti buku, bagian buku, dokumen, artikel jurnal, artikel jurnal, artikel koran, dan lain-lain
  5. Icon New Item from Current Page, untuk menambahkan item ke dalam koleksi yang berasal dari halaman web yang sedang dibuka bersamaan dengan Zotero
  6. Icon Save Link to Current Page, membuat link ke halaman web yang sedang terbuka
  7. Icon take Snapshot of Curent Page, membuat duplikat, snapshot dari halaman web yang sedang terbuka bersamaan dengan zotero.
  8. Icon New Standalone Note, membuat catatan
  9. Icon Advance Search, untuk melakukan pencarian
  10. Icon Toggle Fullscreen Mode, icon untuk memperbesar dan memperkecil ukuran jendela zotero, dan
  11. Icon Close Zotero, untuk menutup jendela add-on Zotero
Gambar 2. Icon Perintah Zotero

Membuat atau menambah item baru

Untuk menambahkan item kedalam koleksi library dapat dilakukan dengan klik icon + dalam lingkaran hijau (posisinya keempat dari kiri), saat diklik akan muncul pop-up window pilihan apakan book, book section dll. Klik salah satunya, tidak perlu ragu atau takut salah karena kita masih dapat mengubah jenis item data yang kita inginkan.


Gambar 3. Item Baru

Gambar di atas menunjukkan perubahan jendela pada Zotero khusus jendela tengah dan kanan setelah dilakukan klik add new item. Pada jendela tengah akan muncul baris baru item koleksi yang berwarna kuning. Di jendela kanan bila tab info dibuka/klik akan terlihat keterangan tentang item/buku yang masih kosong.
Tugas anda adalah mengisi keterangan/informasi item sesuai dengan buku yang ingin anda input. Bagian-bagian yang perlu diisi antara lain tentunya title atau judul buku, author/pengarang (dapat diisi lebih dari satu dengan klik tanda + di kanan nama author), abstract (bila diperlukan), series (ada berapa seri jika buku berseri), Series number (nomor seri buku tsb), edition/edisi, place/tempat (kota penerbit), publisher (nama penerbit), date (biasanya tahun terbit), halaman (jumlah halaman bila perlu) dan beberapa informasi lainnya yang anda perlukan.
Untuk pengisian jenis-jenis data lainnya seperti artikel jurnal, majalah, koran dll prosesnya hampir sama dengan pengisian buku.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Trimakasih infonya..
sangat menolong saya..
wah, zetero ternyata bisa manggil web yang kita masukin ke library y. zetero dan infonya zuper bgtz..!!^_^