Jumat, 15 Mei 2009

Instalasi Distro Ubuntu di dalam Windows

Mekipun Linux sudah banyak dikenal masyarakat, namun masih jelas keengganan sebagian orang untuk menginstal Linux di komputernya. Banyak alasan yang dikemukakan, mulai dari menyatakan sulit belajar Linux, tidak mengerti atau tidak tahu cara instalasi Linux, bahkan tidak sedikit yang dengan lugas menyatakan tidak mau menginstal karena sudah terbiasa menggunakan sistem operasi tradisionalnya. Meskipun sistem operasi beserta software-software lainnya yang terinstal di komputernya adalah bajakan.

Sesungguhnya instalasi Linux tidaklah sesulit yang selama ini dikeluhkan masyarakat, kenyataannya semakin hari proses instalasinya semakin mudah dan sederhana. Bahkan salah satu distro yang saat ini menjadi jawara di antara ratusn distro Linux yaitu UBUNTU, menyediakan fasilitas yang memudahkan para newbie di sistem operasi Linux untuk menginstal Linux melalui sistem operasi Windows ™.

Fasilitas instalasi melalui Windows ™ ini memungkinkan pengguna yang belum familiar dengan Linux untuk “mencicipi” sistem operasi Linux. Dengan fasilitas ini juga pengguna tidak harus melakukan penanganan khusus atas harddisknya seperti melakukan partisi, yang mungkin asing bagi pengguna dan mungin berisiko atas rusak atau terhapusnya data di dalam harddisk.

Untuk melakukan instalasi Ubuntu di dalam Windows ™ sangat mudah, semudah melakukan instalasi software games. Tentu saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan instalasi, yang terpenting adalah ruang harddisk kosong harus cukup, karena Ubuntu membutuhkan ruang sebesar lebih kurang 15 Gb untuk instalasinya. Jika hal ini sudah terpenuhi, maka proses instalasi sudah dapat dilakukan.

Masukkan CD Ubuntu ke dalam cd driver, biarkan sistem membaca dan menjalankan cd secara otomatis. Jika CD Ubuntu tidak melakukan autorun, maka masuk ke fie manager, kemudian klik CD dan jalankan file executable (exe) yang ada pada CD Ubuntu. Setelah itu akan muncul jendela Ubuntu Menu. Pada jendela ini terdapat tiga pilihan perintah yaitu Demo and Full Installation, Install Inside Windows, dan Learn More.

Gambar 1

Karena tujuan kita adalah melakukan instalasi di dalam sistem operasi Windows ™ maka yang dipilih adalah melakukan kik pada perintah Install inside Windows. Setelah itu akan muncul jendela baru yaitu jendela Ubuntu Installer. Pada jendela ini terdapat beberapa bagian yang dapat diisi atau dipilih menyangkut sistem yang akan diinstal, seperti lokasi drive untuk menyimpan Ubuntu (defaultnya adalah drive C), ukuran space/ruang yang akan digunakan oleh Ubuntu, dan seterusnya. Jangan lupa memasukkan nama atau user name dan password karena Linux mensyaratkan user name & password. Jika semua pilihan telah terisi keudian klik Install.

Gambar 2

Ikuti proses instalasi hingga selesai. Ketika instalasi selesai maka recompute akan menanyakan apakah akan restart, maka jawab Yes untuk restart. Jangan lupa keluarkan CD Ubuntu dari cd drive. Setelah restart, maka akan muncul semacam boot loader berbasis teks berisi pilihan booting menggunakan Windows ™ atau Ubuntu. Jika ingin menggunakan ubuntu, maka pindahkan kursor dengan tombol anak panah di keyboard ke arah Ubuntu, kemudian tekan enter. Maka anda akan mendapat login menu menanyakan username dan password, isi sesai dengan user name & password pada saat instalasi. Maka siaplah sudah Ubuntu untuk digunakan bereksperimen, jangan khawatir menjalankannya karena tidak akan mengganggu sistem di dalam Windows ™ anda.


Tidak ada komentar: